Logo Bloomberg Technoz

Piala Dunia U-17, Jokowi Ajukan 8 Stadion ke FIFA

Fransisco Rosarians Enga Geken
12 July 2023 13:30

Presiden FIFA, Gianni Infantino saat mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17
Presiden FIFA, Gianni Infantino saat mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan mengajukan enam hingga delapan stadion sebagai calon tempat pertandingan Piala Dunia U-17. Menurut dia, Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA akan melakukan pengecekan dan memilih stadion yang paling sesuai dengan standard pertandingan internasional.

"Tugas kita menyiapkan, memperbaiki, merenovasi. Jika sudah, FIFA akan ke sini dan menilai siap atau tidak (jadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17)," kata Jokowi seperti diunggah Sekretariat Presiden, Rabu (12/7/2023).

Jokowi tak menjawab detil tentang delapan stadion yang akan diajukan kepada FIFA. Dia hanya membenarkan Stadion Si Jalak Harupat yang tengah dikunjunginya sebagai salah satu calon venue pertandingan yang digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Menurut dia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru saja menuntaskan renovasi pada markas Klub Persib Bandung tersebut. Hal ini tetap dilakukan meski FIFA sebenarnya sudah menilai stadion tersebut memenuhi standard untuk menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20.

"Ada proses ulang lagi dari FIFA untuk yang U-17. Karena yang kemarin dicek itu untuk U-20," ujar Jokowi. FIFA sendiri mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 usai polemik keikutsertaan Timnas Israel.