Logo Bloomberg Technoz

Kemendag Siapkan 2 Intervensi Peredam Gejolak Harga Telur

Rezha Hadyan
09 June 2023 13:30

Pekerja memanen telur di salah satu peternakan ayam petelur di Gunung Sindur, Jawa Barat, Senin (22/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pekerja memanen telur di salah satu peternakan ayam petelur di Gunung Sindur, Jawa Barat, Senin (22/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan opsi intervensi harga dan bantuan pakan untuk menekan harga telur ayam ras yang melambung tinggi selama satu bulan terakhir.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan dua opsi tersebut masih dipelajari mana yang memungkinkan untuk dieksekusi segera. Adapun, opsi bantuan pakan berupa subsidi harga sebelumnya sempat diusulkan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

“Kita masih mempelajari, apakah akan ada intervensi harga seperti tahun kemarin. Kita juga bisa menerapkan bantuan pakan berupa jagung,” katanya ketika ditemui oleh awak media di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Kamis (8/6/2023).

Isy menyebut dua opsi tersebut akan dibahas dalam Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) sebelum nantinya diputuskan mana yang akan dilakukan oleh pemerintah. Sayangnya, belum bisa memastikan kapan rapat tersebut akan digelar.

Isy menjelaskan sejauh ini kenaikan harga telur ayam ras diakibatkan oleh kenaikan harga pakan. Berdasarkan pantauan di situs Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) pada Jumat (9/6/2023), harga telur ayam ras bertengger di angka Rp31.600 atau turun 1,25% dibandingkan dengan sehari sebelumnya.