Logo Bloomberg Technoz

Waskita Dapat Proyek Rp1,1 T Pengembangan Bandara di Timor Leste

Yunia Rusmalina
29 May 2023 20:00

Peresmian kerja sama proyek pengembangan bandara oleh Waskita Karya dengan Pemerintah Timor Leste. (dok perusahaan)
Peresmian kerja sama proyek pengembangan bandara oleh Waskita Karya dengan Pemerintah Timor Leste. (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) mendapatkan proyek pengembangan Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobatoseniali dari Pemerintah Timor Leste senilai Rp1,1 triliun atau US$72,6 juta.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/5/2023) Waskita memperkirakan dapat menyelesaikan proyek bandara di bekas provinsi Indonesia tersebut, dalam tempo 974 hari.

Pekerjaan proyek meliputi perpanjangan runway sepanjang 2.100 meter. Ini termasuk di dalamnya pembangunan Runway End Safety Area (RESA) minimal 90 meter di setiap sisi, serta membangun taxiway, Apron dan Air Traffic Control Tower (ATCT) untuk memperluas fasilitas bandara.

Teknologi Building InformationModeling atau BIM akan diterapkan dalam pengembangan Bandara Internasional  Presidente Nicolau Lobatoseniali. Dengan BIM perusahaan mampu mensimulasikan seluruh informasi proyek ke dalam model tida dimensi (3D).

Director of Operation I &QSHE Perseroan I Ketut Pasek Senjaya Putra mengharapkan terjadi peningkatan dan percepatan efisiensi dalam proses konstruksi.  Selain itu jalinan kerja sama juga dapat mempererat hubungan diplomatik Timor Leste dan Indonesia.