Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Siapkan 3 Jurus Atasi Inflasi Harga Telur

Rezha Hadyan
16 May 2023 14:10

Telur ayam di pasar. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Telur ayam di pasar. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pemerintah menjalankan program bantuan pangan telur dan daging ayam kepada 1,4 juta keluarga risiko stunting (KRS), sebagai upaya menstabilkan harga telur dari tingkat hulu ke hilir di tengah tren kenaikan yang terjadi belakangan ini.

Berdasarkan data Panel Harga Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas)/National Food Agency (NFA), rerata nasional harga telur ayam saat ini adalah sekitar Rp25.840/kg di tingkat produsen dan Rp19.737/kg di tingkat konsumen. 

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, selain melalui bantuan pangan, pemerintah melakukan dua strategi lain  untuk stabilisasi harga telur, yaitu; pemantauan harga di sejumlah daerah serta fasilitasi distribusi jagung pakan ke sentra peternakan unggas. 

"Beberapa bulan terakhir usaha pemerintah memang untuk menyiapkan harga yang wajar. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden yang menekankan pentingnya menjaga keseimbangan harga di tingkat peternak, pedagang dan konsumen," ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (16/5/2023). 

Untuk bantuan telur dan daging ayam, Arief menjelaskan program tersebut dijalankan dengan menyerap telur dan daging ayam oleh peternak mandiri dengan harga yang diklaim baik.