Logo Bloomberg Technoz

Bank BSI Diperas Rp295 Miliar oleh Grup Ransomware LockBit

Donald Banjarnahor
16 May 2023 14:15

BSI. (Dok. LockBit)
BSI. (Dok. LockBit)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Grup hacker kriminal LockBit dikabarkan meminta tebusan US$20 juta atau sekitar Rp298 miliar (asumsi kurs Rp14.800/US$) kepada PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau Bank BSI untuk menghapus data yang sebelumnya telah dicuri.

Hal tersebut terungkap dalam tangkapan layar percakapan antara LockBit dan orang yang mengaku sebagai perwakilan dari BSI.

Belum bisa dipastikan apakah orang tersebut sah mewakili BSI. Tangkapan layar percakapan tersebut diposting oleh @darktracer_int di Twitter. Akun yang sama jadi yang pertama memposting  bahwa BSI diserang ransomware LockBit. 

"Geng ransomware LockBit juga telah mempublikasikan log obrolan terkait negosiasi dengan BSI. Mereka menuntut uang tebusan sebesar 20 juta USD (Rp295.619.469.026)," tulis @darktracer_int, Selasa (16/5/2023). 

Dalam percakapan tersebut terungkap, pihak yang mengatasnamakan BSI menawarkan US$100 ribu. Tawarkan ini untuk membeli kembali data yang dicuri. Pihak yang sama juga meminta bukti bahwa data yang dimiliki oleh LockBit benar-benar valid.