Logo Bloomberg Technoz

Bank BSI Klaim Data & Dana Nasabah Aman

Krizia Putri Kinanti
16 May 2023 10:10

BSI. (Dok. LockBit)
BSI. (Dok. LockBit)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) atau Bank BSI Gunawan A. Hartoyo memastikan bahwa data dan dana nasabah dalam kondisi aman, meski kabar menyebut hasil peretasan data milik perusahaan oleh grup ransomware LockBit telah ‘open for public’. Menurut Gunawan nasabah Bank BSI sudah bisa bertransaksi secara aman dan normal.

“Dapat kami sampaikan bahwa kami memastikan data dan dana nasabah aman, serta aman dalam bertransaksi. Kami berharap nasabah tetap tenang karena kami memastikan data dan dana nasabah aman, serta aman dalam bertransaksi. Kami juga akan bekerjasama dengan otoritas terkait dengan isu kebocoran data,” kata Gunawan dalam rilis yang dipublikasikan, Selasa (16/5/2023).

Bank BSI menyampaikan hal ini terkait sistem jaringan Bank BSI memang mengalami kendala sejak Senin (8/5/2023) pekan lalu dan bergulirnya isu bahwa terjadi kebocoran data lewat serangan siber.

Gunawan mengakui bahwa serangan siber merupakan ancaman di era digital, seiring dengan meningkatnya penggunaan IT pada proses bisnis. Serangan siber dapat terjadi di mana-mana dan bisa menyasar ke berbagai pihak.

“Ini merupakan keniscayaan dengan semakin banyaknya penggunaan IT pada bisnis. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai pelaku bisnis untuk meningkatkan kewaspadaan dan memperbanyak kolaborasi dengan pemerintah, regulator, dan masyarakat umum, untuk mencegah kejahatan siber semakin berkembang,” ujarnya.

BSI. (Dok. LockBit)