Logo Bloomberg Technoz

Hyundai Recall Ratusan Ribu EV Ioniq di Korsel, RI Terdampak?

Pramesti Regita Cindy
19 March 2024 10:50

Hyundai Ioniq 5 saat pameran IIMS 2023 di JIExpo, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Hyundai Ioniq 5 saat pameran IIMS 2023 di JIExpo, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan mengumumkan penarikan (recall) terhadap 170.000 unit mobil listrik atau electric vehicle (EV) milik Hyundai dan KIA dari pasaran. Jenis kendaraan yang terdampak mencakup seri Ioniq, Genesis, dan KIA EV6, yang juga dipasarkan di Indonesia.

Menaggapi hal tersebut, Chief Marketing Officer Hyundai Indonesia Budi Nur Mukmin mengatakan sejauh ini kebijakan di Negeri Ginseng tersebut belum memengaruhi pasar Hyundai Indonesia. Namun, dia memastikan bahwa pihaknya senatiasa menjalin komunikasi dengan Hyundai pusat.

"Hyundai Motors Indonesia terus berkomunikasi dengan pihak prinsipal global tentang potensi dampak di setiap market. Sejauh ini belum ada informasi lanjut bahwa Indonesia juga terkena dampak recall," ujar Budi ketika dihubungi, Selasa (19/2/2024).

"Namun, yang jelas, kami terus berkoordinasi dengan perwakilan dealer untuk memantau kondisi dan kebutuhan dari para pemilik EV Hyundai. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan sehari-hari," sambungnya.

Hyundai (Sumber: Bloomberg)

Pada Kamis pekan lalu,  otoritas Korsel mengumumkan bahwa sebanyak total 232.000 unit mobil dari Hyundai Motor, Kia, Stellantis Korea, dan Tesla Korea ditarik kembali karena cacat produksi.