Logo Bloomberg Technoz

WTO Perpanjang Moratorium Tarif E-Commerce Selama Dua Tahun

News
02 March 2024 13:30

WTO. (Sumber: Bloomberg)
WTO. (Sumber: Bloomberg)

Jorge Valero, Shruti Srivastava dan Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) sepakat untuk memperpanjang moratorium (penangguhan sementara) tarif bea cukai atas transmisi digital dalam perdagangan elektronik (e-commerce) lintas negara selama dua tahun setelah negosiasi maraton di Abu Dhabi.

Namun, mereka gagal mencapai kesepakatan pada isu-isu perdagangan kontroversial lain, termasuk pembatasan subsidi di bidang pertanian dan perikanan.

Dalam sesi penutupan, Direktur Jenderal WTO Ngozi Okonjo-Iweala menyebut WTO sebagai "sumber ketahanan" di dunia yang sedang terguncang oleh gejolak geopolitik. Dia mendorong para negosiator untuk melanjutkan diskusi terkait isu yang belum terselesaikan.

Tantangan yang dihadapi pada konferensi tingkat menteri ke-13 bagi organisasi yang berbasis di Jenewa ini semakin besar dengan adanya puluhan pemilihan umum di negara-negara ekonomi utama tahun ini. Para petahana, mulai dari Brussel hingga New Delhi, merasakan tekanan dari para petani, supir truk, dan pekerja lainnya yang memprotes bantuan untuk mengatasi inflasi dan persaingan asing.