Logo Bloomberg Technoz

Trump Sarankan Rusia Serang Anggota NATO 'Bermasalah' Dengan AS?

News
12 February 2024 12:50

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Erik Wasson - Bloomberg News

Bloomberg, Donald Trump kembali menimbulkan Kontroversial. Pada akhir pekan lalu, Trump menyebut pernah mengatakan kepada seorang pemimpin Eropa bahwa ia akan meninggalkan anggota NATO dalam invasi Rusia jika mereka tidak memenuhi komitmen belanja pertahanan yang telah diperbaharui.

Pernyataan Trump ini langsung mendapat reaksi negatif dari anggota Partai Demokrat. Senator Joe Machin mengatakan komentar Trump mengenai NATO mengirimkan “pesan yang mengerikan” kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Joe Fetterman mengecam pernyataan ini dengan menyebutnya sebagai “mencengangkan” dan “liar”.

Namun sekutu Trump di Senat membela pernyataan itu. “Saya sama sekali tidak khawatir,” ujar Senator dari Partai Republik Lindsey Graham. “Dia tidak akan menarik diri dari NATO. Hal terakhir yang akan dilakukan Rusia jika Trump jadi presiden adalah memulai perang. Dia hanya mencoba untuk menyampaikan hal itu.”

Donald Trump. (Sumber: Bloomberg)

Dalam sebuah rapat umum di South Carolina, Sabtu pekan lalu, Trump mengatakan bahwa NATO telah “rusak” sampai dia datang dan memaksa para anggotanya untuk "membayar."