Logo Bloomberg Technoz

Partai Republik Kecam Trump atas Ancamannya Tinggalkan NATO

Redaksi
13 February 2024 15:10

Donald Trump. (Dok: Bloomberg)
Donald Trump. (Dok: Bloomberg)

Richard Cowan - Bloomberg News

Bloomberg, Beberapa rekan mantan Presiden Donald Trump dari Partai Republik pada Minggu (11/2) mengecamnya karena mengatakan bahwa dia tidak akan mau melindungi anggota NATO dari serangan Rusia di masa depan jika kontribusi negara-negara tersebut terhadap aliansi pertahanan itu lamban.

"Inilah sebabnya mengapa saya telah mengatakan sejak lama bahwa dia tidak layak menjadi presiden Amerika Serikat," kata mantan calon presiden dari Partai Republik Chris Christie dalam sebuah wawancara dengan program Meet the Press di NBC, seperti dilansir Reuters, Selasa (13/2/2024).

Dalam sebuah rapat umum politik pada Sabtu di South Carolina, Trump mengeluhkan apa yang ia sebut sebagai pembayaran "tunggakan" oleh beberapa negara NATO dan menceritakan apa yang ia katakan sebagai percakapan masa lalu dengan kepala "negara besar" tentang serangan oleh Rusia terhadap negara-negara tersebut.

"Tidak, saya tidak akan melindungi Anda. Bahkan saya akan mendorong mereka (Rusia) untuk melakukan apapun yang mereka inginkan. Anda harus membayarnya," kata Trump kepada pemimpin yang tidak disebutkan namanya itu.