Logo Bloomberg Technoz

Yellen mengatakan dia bekerja keras untuk menjalinn hubungan kuat dengan sekutu-sekutu terdekatnya, membantu mendapatkan kesepakatan untuk membantu Ukraina dan serangkan sanksi untuk menghukum Rusia. 

Pernyataan Trump itu dikeluarkan ketika kesepakatan-kesepakatan yang disebut Yellen mulai tak berjalan, sebagian akibat partai Republik di Kongres menolak membari paket bantuan baru bagi Ukraina. 

Yellen mengatakan pernyataan Trump tersebut mengancam upaya bersama aliansi terkait Ukraina dan kemampuan lebih luas untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi melalui stabilitas global. 

"Hal itu kemungkinan membuat sekutu kita bertanya tentang kekukuhan komitmen kita terhadap aliansi yang telah terbukti penting bagi stabilitas sistem perekonomian dunia dan juga pertahanan bersama," ujar Yellen. 

Anggota-anggota NATO sepakat untuk membelanjakan 2% per tahun dari PDB masing-masing untuk sektor militer. Tahun lalu, hanya 11 dari 31 negara yang memenuhi ambang batas itu meski pembelanjaan militer di masing-masing negara naik dan diperkirakan dua pertiga dari mereka akan mencapai angka 2% yang disyaratkan tersebut. 

(bbn)

No more pages