Logo Bloomberg Technoz

PUPR Siapkan 100 Hunian Instan untuk Korban Longsor Natuna

Krizia Putri Kinanti
10 March 2023 18:46

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Lakukan Peninjauan ke Longsor Natuna (Dok. Kementerian PUPR)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Lakukan Peninjauan ke Longsor Natuna (Dok. Kementerian PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  menyiapkan 100 unit hunian instan untuk korban bencana longsor di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana longsor yang menjadi prioritas untuk segera dilaksanakan adalah relokasi permukiman warga di mana tanahnya disediakan pemerintah daerah.

Hunian tetap (huntap) bagi masyarakat terdampak longsor dilakukan dengan membangun rumah khusus tahan gempa dengan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha). 

"Segera siapkan pengangkutan Risha sebanyak 100 unit dari stok di Palembang sebagai  huntap di titik relokasi yang aman dari risiko longsor dan sudah disiapkan tanahnya oleh Pemkab Kepulauan Natuna. Untuk mempercepat, masyarakat Kecamatan Serasan harus dilibatkan, " ujarnya dikutip dari siaran pers, Jumat (10/3/2023).

Basuki menerangkan, jika lahan sudah siap tersedia, pembangunan fisik huntap kira-kira akan dapat selesai dalam 3 bulan karena pengerjaannya tidak begitu sulit dengan metode bongkar pasang atau knock down Risha yang sudah ada.