Logo Bloomberg Technoz

Pengamat Sebut Perhatian Pada Transportasi Laut Kurang

Dovana Hasiana
05 December 2023 20:40

Para pemotor di pelabuhan akan menyeberang (Dok Humas Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub)
Para pemotor di pelabuhan akan menyeberang (Dok Humas Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Ketua Institut Studi Transportasi (Instran) Ki Darmaningtyas memberikan beberapa catatan soal kondisi pelabuhan dan kapal di Indonesia, seperti pelabuhan tertentu yang kurang penerangan pada malam hari dan toilet kapal yang kotor. 

Ki Darmaningtyas mengatakan, memang terdapat pelabuhan besar di bawah PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) yang memiliki infrastruktur mumpuni. Namun, sejumlah operator masih mengeluhkan keterbatasan tempat sandar. 

“(Selain itu), pelabuhan-pelabuhan pelayaran rakyat umumnya masih dalam kondisi serba terbatas,” ujar Ki Darmaningtyas dalam agenda Rakor Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Hotel Borobudur Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (5/12/2023). 

Lebih lanjut, terdapat Pelabuhan di Masalembo, Jawa Timur yang masih minim penerangan pada malam hari, sehingga dianggap tidak memiliki aspek berkeselamatan. 

Catatan lainnya yang diberikan kepada pelabuhan di Indonesia adalah akses yang sulit. Pasalnya infrastruktur jalan tidak memadai dan tidak didukung layanan angkutan umum. Ki Darmaningtyas mencontohkan pada Pelabuhan Depapre Papua, yang jalannya dipenuhi lubang dan genangan air.