Logo Bloomberg Technoz

Kejar Kemiskinan RI Turun Jadi 4%, Ini Kinerja Anies di Jakarta

Redaksi
22 October 2023 14:10

Pasanga Capres dan Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di depan gedung KPU. Foto: Mis Fransiska
Pasanga Capres dan Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di depan gedung KPU. Foto: Mis Fransiska

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sudah resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti. Kemarin, pasangan yang diusung oleh Koalisi Perubahan di bawah komando Partai Nasdem itu, sudah menjalankan tes pemeriksaan kesehatan di RSPAD Jakarta sebagai salah satu syarat kepesertaan.

Berbarengan dengan langkah resmi mendaftar ke KPU pada Kamis lalu, Anies-Cak Imin juga melansir dokumen yang memuat visi misi yang ia tawarkan selaku pasangan capres-cawapres. Visi Misi itu ramai menjadi perbincangan di media sosial dan banyak mendapat pujian karena dinilai komprehensif, detil dan 'serius' disusun. Terdiri atas 140 halaman lebih, pasangan yang sering disingkat AMIN itu mengusung visi "Indonesia Adil Makmur untuk Semua".

Visi itu diwujudkan dalam delapan misi yang disebut "8 jalan perubahan" di mana salah satunya adalah "Mengentaskan kemiskinan dengan memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan kerja, mewujudkan upah berkeadilan, menjamin kemajuan ekonomi berbasis kemandirian dan pemerataan serta mendukung korporasi Indonesia berhasil di negeri sendiri dan bertumbuh di kancah global"

Pasangan ini menargetkan persentase kemiskinan di Indonesia bisa diturunkan menjadi 4%-5% pada 2029 nanti, masih lebih tinggi dibanding target ambisius Ganjar-Mahfud yang mengejar penurunan angka kemiskinan jadi 2,5% pada periode yang sama.

Sama dengan Ganjar Pranowo, sebelum berlaga di Pilpres nanti, Anies pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta selama satu periode. Sedang Ganjar menjadi Gubernur Jawa Tengah selama dua periode.