Logo Bloomberg Technoz

Macron-Kim Jong Un, Pemimpin Dunia yang Terpilih Sebelum 40 Tahun

News
16 October 2023 15:00

Emmanuel Macron (Sumber: Bloomberg).
Emmanuel Macron (Sumber: Bloomberg).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk mengubah klausul batas usia minimum calon presiden dan calon wakil presiden dari 40 tahun menjadi 35 tahun. Tapi pada putusan lewat gugatan terpisah yang diajukan dua mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Surakarta (UNSA), Majelis Hakim MK memberi pengualian dimana kepala negara - tidak terbatas usai - bisa maju atau dicalonkan sebagai capres ataupun cawapres.

Di beberapa belahan dunia, aturan itu tidak berlaku. Ada sejumlah pemimpin negara yang terpilih ketika usia mereka di bawah 40 tahun. Berikut sosoknya:

1. Emmanuel Macron

Emmanuel Macron memulai karier politiknya di Partai Sosialis pada tahun 2006 hingga 2009. Dia kemudian menjabat sebagai deputi sektretaris jenderal Élysée, seorang anggota senior star Presiden Hollande pada 2014 hingga 2014.

Macron kemudian dilantik menjadi Menteri Ekonomi, Industri, dan Data Digital dalam pemerintahan Manuel Valls pada 26 Agustus 2014. Dia menggantikan posisi yang sebelumnya diduduki oleh Arnaud Montebourg.