Logo Bloomberg Technoz

Menlu Retno Bertemu Presiden ICRC di New York, Bahas Myanmar

Krizia Putri Kinanti
23 September 2023 12:30

Konfrensi pers Menteri Luar Negrri, Retno Marsudi mengenai online scams, evakuasi sudan dan KTT ke-42 Asean. (Dok. Kemenlu RI)
Konfrensi pers Menteri Luar Negrri, Retno Marsudi mengenai online scams, evakuasi sudan dan KTT ke-42 Asean. (Dok. Kemenlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan Presiden International Committee of the Red Cross atau Palang Merah Internasional (ICRC) Mirjana Spoljaric guna membahas mengenai isu Myanmar.

Pertemuan dilakukan di sela rangkaian Sidang Majelis Umum PBB ke-78 di New York, Amerika Serikat (AS) pada Jumat (22/9/2023) waktu setempat.

“Dalam pertemuan, Mirjana menyampaikan apresiasi atas dukungan Indonesia untuk ICRC selama ini dan berharap dapat lebih memperkuat hubungan Indonesia dan ICRC melalui berbagai kerja sama dan dialog,” ujar pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri, Sabtu (23/9/2023).

Lebih lanjut, keduanya saling bertukar pandangan mengenai situasi di Myanmar. Retno menyampaikan bahwa 5PC tetap menjadi rujukan utama penyelesaian isu Myanmar.

Retno juga menjelaskan upaya dan aksi konkret yang telah dilakukan Indonesia selaku Ketua ASEAN untuk isu Myanmar khususnya penyaluran bantuan kemanusiaan ke Myanmar.