Logo Bloomberg Technoz

Hacker Korea Utara Serang Militer Korsel

News
20 August 2023 14:05

Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Hooyeon Kim and Jon Herskovitz, Bloomberg News

Bloomberg, Kepolisian Korea Selatan melaporkan bahwa para peretas (hacker) Korea Utara mencoba menyusup untuk mendapatkan informasi tentang latihan militer bersama Amerika Serikat-Korea Selatan yang akan dimulai hari Senin besok.

Kepolisian Provinsi Gyeonggi Nambu, Minggu (20/8) mengungkap surel berbahaya telah dikirimkan oleh hacker yang diketahui berada di Korea Utara sejak bulan April tahun lalu kepada karyawan yang bekerja di perusahaan yang terlibat dalam latihan militer. Pada bulan Januari, hacker berhasil menguasai salh satu akun karyawan dan menginstal sebuah kode, tetapi tidak ada indikasi bahwa mereka mendapatkan materi yang sensitif.

Upaya untuk mendapatkan data militer tidak berhasil, tetapi beberapa komputer terkena dampak. Kepolisian Korea Selatan menyimpulkan bahwa kasus ini terkait dengan kelompok peretasan Korea Utara yang dikenal sebagai Kimsuky, telah menggunakan metode yang sama sebelumnya.

Menurut Cybersecurity and Infrastructure Security Agency Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, kelompok Kimsuky fokus pada kegiatan pengumpulan intelijen terkait dengan kebijakan luar negeri dan isu keamanan nasional yang terkait dengan semenanjung Korea.