Logo Bloomberg Technoz

Begini Progres Reaktor Nuklir Mini Besutan PLN dan NuScale

Wike Dita Herlinda
05 July 2023 21:00

Ilustrasi pembangkit nuklir (Bloomberg)
Ilustrasi pembangkit nuklir (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT PLN (Persero) memastikan kerja sama pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) dengan perusahaan Amerika Serikat (AS), NuScale Power OVS LLC, masih berlanjut dengan Kalimantan Barat sebagai lokasi pengembangannya.

Direktur Utama PLN Indonesia Power (PIP) Edwin Nugraha Putra mengatakan kelanjutan proyek pengembangan reaktor modular kecil atau small modular reactor (SMR) tersebut saat ini tengah dirumuskan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Nantinya, kata Edwin, pengembangan pembangkit ramah lingkungan bertenaga nuklir itu akan sepenuhnya menggunakan teknologi NuScale, perusahaan reaktor modular yang berbasis di Oregon, AS.

“[Lokasinya] masih di Kalimantan Barat, yang menjadi kajian BRIN itu yang dipakai lokasinya. Tidak ada lokasi baru yang dipakai,” ujarnya di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (5/7/2023).  

Adapun, perjanjian kerja sama studi pengembangan reaktor modular kecil antara PIP dan NuScale berlangsung untuk 8—10 bulan. Hasil studi tersebut selanjutnya akan dievaluasi oleh Badan Perdagangan dan Pembangunan AS atau United States Trade and Development Agency (USTDA).