Logo Bloomberg Technoz

Alasan di Balik Relokasi Industri Tekstil Alas Kaki

Rezha Hadyan
18 May 2023 17:42

Ilustrasi Pabrik Tekstil. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Pabrik Tekstil. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan belum lama ini membawa kabar gembira investasi besar-besaran produsen perlengkapan olahraga New Balance di Indonesia.

Produsen perlengkapan olahraga asal Amerika Serikat (AS) itu dikabarkan akan membangun pabrik barunya di Cirebon, Jawa Barat. Tidak tanggung-tanggung, nilai investasi yang dikucurkan mencapai lebih dari Rp1 triliun. 

Pabrik yang rencananya akan mulai beroperasi pada Agustus 2023 itu adalah ekspansi dari pabrik yang ada di Vietnam. Pabrik tersebut juga menambah jumlah pabrik  yang memproduksi New Balance di Tanah Air menjadi tujuh pabrik.

Luhut berharap dengan hadirnya pabrik baru New Balance, Indonesia bisa segera menyalip Vietnam yang saat ini menjadi eksportir alas kaki terbesar dunia.

"Kita berharap New Balance bisa meningkatkan investasinya di sini. Saat ini kita masih nomor dua di bawah Vietnam. Tetapi sebentar lagi angka kita akan melewati Vietnam. Karena memang dengan suasana investasi yang bagus, mereka confident memilih investasi di sini," katanya melalui keterangan resminya baru-baru ini.