Logo Bloomberg Technoz

TikTok dan ByteDance Ltd, yang berbasis di Beijing, telah bersumpah untuk melakukan semua yang mereka bisa untuk menghentikan langkah tersebut. Mereka berargumen bahwa hal tersebut melanggar hak-hak kebebasan berbicara.

TikTok, yang memiliki 170 juta pengguna bulanan di AS, berencana mengajukan tuntutan untuk membatalkan undang-undang tersebut atau setidaknya menunda penegakannya.

“Kami akan terus berjuang. Ini adalah awal, bukan akhir dari proses yang panjang ini,” kata Michael Beckerman, kepala kebijakan publik TikTok Amerika, dalam sebuah memo kepada staf AS minggu lalu.

Persetujuan Biden akan mengakhiri pengawasan selama bertahun-tahun di Washington, di mana regulator dan anggota parlemen dari kedua partai telah menyuarakan kekhawatiran yang meningkat bahwa kepemilikan TikTok di China menimbulkan risiko bagi keamanan nasional AS.

Para pendukung RUU tersebut mengklaim bahwa pemerintah China menggunakan TikTok sebagai alat propaganda dan dapat menuntut ByteDance untuk membagikan data pengguna AS—yang kemudian dibantah perusahaan dan para pejabat di Beijing.

Dengan pertarungan hukum yang akan terjadi, pengguna TikTok di AS menghadapi gelombang ketidakpastian tentang tempat untuk mengekspresikan diri mereka melalui video, menghasilkan uang sebagai influencer, atau menjual barang di TikTok Shop.

Jika diterapkan, larangan TikTok akan berisiko mengganggu “saluran penting untuk berinteraksi dengan audiens yang lebih muda dan membangun visibilitas merek,” kata Damian Rollison, direktur market insights SOCi.

“Format unik TikTok telah memungkinkan bisnis untuk memamerkan produk dan layanan secara kreatif, memanfaatkan tren dan konten buatan pengguna untuk terhubung dengan pelanggan potensial,” kata Rollison.

TiKTok telah mengajukan argumen ekonomi untuk melawan hukum, dengan mengatakan bahwa pembuat konten dan pedagang yang mencari nafkah dari memposting video dan menjual barang akan dirugikan secara finansial.

Meskipun banyak anggota parlemen AS yang mendukung RUU federal, berpikir bahwa RUU ini akan bertahan dalam peninjauan pengadilan, beberapa kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa Amandemen Pertama akan menjadi rintangan yang lebih sulit untuk diselesaikan.

“Pemerintah AS dapat mengatakan bahwa perusahaan asing tidak dapat melakukan bisnis di AS—hanya saja lebih sulit ketika bisnis asing adalah sistem komunikasi yang digunakan pengguna AS untuk berkomunikasi satu sama lain. Hal ini memiliki masalah hukum yang berbeda,” David Greene, direktur kebebasan sipil untuk Electronic Frontier Foundation.

Jumlah merchant TikTok Amerika bertumbuh sejak Mei hingga Oktober.

Ketika Montana mengesahkan undang-undang pada tahun 2023 yang akan melarang TikTok di negara bagian tersebut, perusahaan dan sekelompok pembuat konten menggugat dengan permintaan terpisah, dengan mengatakan bahwa tindakan negara bagian tersebut melanggar hak-hak kebebasan berekspresi di bawah Amandemen Pertama Konstitusi AS. 

Perusahaan mendanai gugatan para pengguna, menurut New York Times. Hakim yang meninjau kasus ini memblokir larangan tersebut sebelum diberlakukan.

ByteDance melihat divestasi TikTok sebagai pilihan terakhir, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini. Induk perusahaan TikTok ini berharap bisa mendapatkan perintah penangguhan atas undang-undang tersebut, kemudian melancarkan pertarungan hukum yang dapat berlangsung lebih dari satu tahun.

Jika TikTok tidak dapat memperlambat penegakan hukum melalui sistem hukum, peluang lain untuk menghindari pemisahan mungkin ada pada pemerintahan yang baru. 

Penandatanganan RUU oleh Biden pada hari Rabu menempatkan tenggat waktu divestasi menjadi 19 Januari - sehari sebelum pelantikan presiden berikutnya.

Representative Robert Garcia, dari Partai Demokrat California.

Di bawah RUU tersebut, Biden memiliki opsi untuk memperpanjang tenggat waktu tersebut selama 90 hari lagi jika ia melihat adanya kemajuan dalam proses penjualan.

Hal ini akan mendorong kemungkinan pelarangan hingga masa jabatan presiden berikutnya.

Lawan Biden dalam pemilu November lalu, Donald Trump, baru-baru ini menentang pelarangan TikTok, dengan mengatakan bahwa hal tersebut dapat meningkatkan saingannya Meta Platforms Inc, yang sebelumnya menangguhkan Trump dari platformnya.

Bagi Trump, hal ini menandai pembalikan dari keputusannya saat menjadi presiden untuk melarang aplikasi tersebut melalui perintah eksekutif tahun 2020 yang kemudian dibatalkan oleh pengadilan federal. 

Sensitivitas politik dalam menargetkan platform media sosial yang populer di kalangan pengguna muda selama tahun pemilihan umum di AS tidak hilang dari para pendukung RUU tersebut.

“Ini bukan upaya untuk mengambil suara Anda. Kepada pemuda Amerika, saya ingin mengatakan, kami mendengar kekhawatiran Anda. Kami berharap TikTok akan terus berlanjut di bawah kepemilikan baru,” kata Senator Mark Warner, anggota Partai Demokrat dari Virginia dan ketua Komite Intelijen, pada hari Selasa sebelum pemungutan suara. 

Pengesahan ini menandai kemunduran yang signifikan di Washington bagi ByteDance. Perusahaan telah menghabiskan US$2,7 juta pada kuartal pertama untuk upaya lobi federal setelah mengeluarkan rekor US$8,7 juta tahun lalu, menurut pengajuan kongres.

Shou Zi Chew, CEO TikTok Inc., berbicara dalam Forum Ekonomi Baru Bloomberg di Singapura, Rabu, 16 November 2022. (Bryan van der Beek/Bloomberg)

Chief Executive Officer TikTok, Shou Chew, mengajukan permohonan pribadi di Capitol Hill dalam upaya yang gagal untuk melumpuhkan undang-undang tersebut. 

Sementara itu, TikTok menghabiskan lebih dari US$2 miliar untuk melindungi data pengguna AS yang sensitif, dengan bantuan dari Oracle Corp yang berbasis di Texas, untuk menunjukkan bahwa platformnya aman.

Dengan aplikasi yang kembali berada dalam ketidakpastian peraturan dan hukum, banyak pengguna TikTok yang belum melarikan diri. Tetapi mereka yang menghasilkan uang dari aplikasi ini sedang meninjau pilihan mereka.

Educational Insights, yang memiliki permainan puzzle Kanoodle yang populer, telah menggunakan video TikTok selama beberapa tahun untuk memasarkan produknya.

Educational Insights merupakan salah satu pedagang pertama yang bergabung dengan TikTok Shop sebagai bagian dari uji coba awal sebelum aplikasi ini secara resmi diluncurkan.

“Saat ini kami terus memantau dengan seksama,” kata Alyssa Weiss, manajer marketing senior Educational Insights. "Kami akan siap untuk beralih jika diperlukan, tetapi untuk saat ini, kami masih secara aktif meluncurkan rencana TikTok kami.”

(bbn)

No more pages