Logo Bloomberg Technoz

Peneliti Ungkap BYD Disuntik Dana US$3,7 miliar dari China

News
10 April 2024 19:50

BYD Yangwang U9
BYD Yangwang U9

Bloomberg Technoz, Jakarta - Raksasa pabrik mobil China, BYD dikabarkan menerima setidaknya €3,4 (US$3,7 miliar) atau setara Rp58,6 triliun subsidi langsung dari pemerintah China. 

Dukungan anggaran yang diberikan sebagai penguatan untuk BYD mendominasi kendaraan listrik dan teknologi ramah lingkungan.

Sebuah studi menunjukkan bantuan untuk BYD melonjak dari sebelumnya €220 juta pada tahun 2020 menjadi €2,1 miliar hanya dua tahun kemudian, Institut Kiel untuk Ekonomi Dunia Jerman mengatakan pada Rabu. 

BYD juga mendapat manfaat dari dukungan untuk produsen baterai lokal dan potongan harga untuk pembeli mobilnya, menurut laporan tersebut, yang muncul ketika Uni Eropa menyelidiki dugaan bantuan yang tidak adil untuk sektor kendaraan listrik China.

Subsidi seperti yang diberikan kepada BYD “telah memungkinkan perusahaan-perusahaan China untuk berkembang pesat, mendominasi pasar, dan memfasilitasi peningkatan ekspansi ke pasar UE,” kata lembaga tersebut, yang memberikan nasihat kepada pemerintah Jerman.