Logo Bloomberg Technoz

Bonus Eks CEO Boeing Naik Besar Sebelum Terlilit Masalah

News
06 April 2024 11:50

Dave Calhoun, chief executive officer Boeing. (Dok: Bloomberg)
Dave Calhoun, chief executive officer Boeing. (Dok: Bloomberg)

Julie Johnsson - Bloomberg News

Bloomberg, Boeing Co menaikkan 45% total kompensasi yang diterima Chief Executive Officer Dave Calhoun menjadi $32,8 juta pada 2023. Sebagian besar kenaikkan tersebut merupakan bonus retensi yang diberikan untuk mempertahankan dirinya sebagai CEO hingga 2025 yang diberikan sebelum kecelakaan pesawat yang dramatis tepat tiga bulan yang lalu membalikkan rencana tersebut.

Sementara kompensasi untuk Stan Deal, yang mengelola divisi pesawat komersial Boeing, mengalami kenaikan 42% dalam total bayarannya menjadi US$12,5 juta, ungkap Boeing, Jumat (5/4/2024), dalam dokumen keterbukaan ke otoritas bursa.

Kedua eksekutif tersebut terjebak dalam perubahan kepemimpinan besar-besaran yang diumumkan akhir bulan lalu ketika dewan memilih chairman baru, meluncurkan pencarian CEO dan mengganti kepala pesawat komersialnya. 

Para direktur Boeing juga mengambil pandangan yang lebih keras terhadap gaji, mengurangi insentif jangka panjang yang diberikan kepada para manajer puncak pada awal tahun ini untuk mencerminkan kejatuhan lebih dari 20% saham Boeing sejak kecelakaan 5 Januari.