Logo Bloomberg Technoz

Kemenko Ekonomi Soal BSD dan PIK Jadi PSN: Inisiatif Dua Menteri

Azura Yumna Ramadani Purnama
02 April 2024 18:10

Motor melintas dengan latar apartemen di kawasan PIK 2, Tangerang, Rabu, (2/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Motor melintas dengan latar apartemen di kawasan PIK 2, Tangerang, Rabu, (2/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Proyek Kawasan Terpadu Bukit Serpong Damai (BSD) dan Green Area dan Eco-City di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) karena rekomendasi menteri teknis sesuai sektor dan bidangnya.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menjelaskan kawasan PIK2 akan dibangun menjadi destinasi wisata hijau atas rekomendasi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Sementara itu, proyek BSD akan menjadi kawasan terpadu sektor kesehatan, sesuai usulan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunawan Sadikin.

“Makanya satu PSN harus ada satu rekomendasi khusus dari Menteri teknis, sesuai sektor dan bidangnya. PIK2 itu dari Menparekraf karena ada green destination, jadi bukan kawasan PIK-nya itu,” kata Susi saat ditemui di kantornya, Selasa (2/4/2024).

Khusus untuk PIK2, ia menjelaskan kawasan yang akan dibangun sebagai destinasi wisata merupakan kawasan baru, bukan kawasan PIK yang sudah berdiri saat ini. Selain itu, kawasan baru tersebut juga akan dibangun coastal development yang dimanfaatkan untuk konservasi mangrove.

“PIK Itu bukan kawasan PIK yang dari dulu itu, disitu ada coastal development yang untuk mangrovenya, ada green destination-lah,” ucapnya.