Logo Bloomberg Technoz

Konsensus Bloomberg: GOTO Masih Rugi Rp 26,5 T di 2022

Muhammad Julian Fadli
20 March 2023 12:18

Goto, Gojek, Tokopedia (dok Goto)
Goto, Gojek, Tokopedia (dok Goto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) hari ini (20/3/2023) berencana mengumumkan kinerja untuk kuartal keempat dan tahun buku 2022. Dilansir dari keterbukaan informasi yang diterbitkan perseroan, conference call akan dilangsungkan pada pukul 19:00 WIB.

Berdasarkan konsensus Bloomberg, GOTO masih akan mencetak rugi bersih pada kinerja tahun buku 2022 secara tahun penuh menjadi Rp 26,5 triliun. Angka estimasi ini membesar jika dibandingkan realisasi periode sebelumnya yang mencatatkan rugi bersih Rp 21,4 triliun.

Riset yang diterbitkan Ciptadana Sekuritas tercatat, kenaikan rugi bersih GOTO dipicu oleh naiknya pos Cost of Goods Sold (COGS) yang semakin meningkat signifikan Rp 6,2 triliun. Periode 2021 COGS GOTO tercatat sebesar Rp 3,7 triliun.

Kenaikan COGS diprediksi disebabkan oleh beban biaya pemasaran yang masih tinggi sepanjang tahun lalu. Beban biaya tenaga kerja atau gaji karyawan juga cukup berkontribusi pada COGS GOTO.

Sementara itu, estimasi pendapatan GOTO tahun ini mencapai Rp 11,9 triliun, lebih baik dari posisi sebelumnya sebesar Rp 4,5 triliun. Hal ini didukung oleh peningkatan angka take-rate dari merchant commission (Tokopedia) dalam enam bulan terakhir.