Logo Bloomberg Technoz

Rampingkan Organisasi, GOTO PHK 600 Karyawan

Rezha Hadyan
10 March 2023 15:49

CEO GoTo, Andre Soelistyo. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
CEO GoTo, Andre Soelistyo. (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah Shopee Internasional Indonesia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK), kali ini PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) juga melakukan hal yang serupa. PHK dilakukan demi perampingan organisasi.

Koesoemohadiani, GoTo Group Corporate Secretary GOTO mengatakan sekitar 600 karyawan terkena PHK, yang disebut sebagai langkah pengkonsolidasian sejumlah bisnis dan tim.

“Karyawan yang terdampak akan memperoleh dukungan dari perusahaan selama masa transisi,  dimana dukungan yang diberikan akan   lebih dari yang diwajibkan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, dan mencakup dukungan finansial, karier, dan kesejahteraan. Langkah penyesuaian ini tidak akan memengaruhi layanan yang diberikan GoTo kepada konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang,” ujarnya dalam keterangan hari ini, Jumat (10/3/2023).

Gojek, Goto (Dok: Goto)

Informasi saja, ini adalah kali kedua GOTO melakukan PHK Karyawan dalam setahun terakhir. Tahun lalu GOTO memangkas 1.300 karyawan. Artinya, GOTO telah memangkas 1.900 karyawan.

Koesoemohadiani menjelaskan dasar dari keputusan pengurangan karyawan ini muncul setelah GOTO mengidentifikasi sejumlah penyesuaian yang perlu dilakukan untuk memperkuat operasional perusahaan.