Logo Bloomberg Technoz

Vale Bantah Deal Divestasi: Belum Ada Kesepakatan Harga

Mis Fransiska Dewi
20 February 2024 20:40

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)
Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) membantah kabar telah terjadi kesepakatan harga untuk akuisisi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) oleh PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

“Hingga saat ini, belum terdapat perjanjian yang ditandatangani oleh Perseroan dan pemegang saham Perseroan mengenai harga saham divestasi,” tulis Sekretaris Perusahaan PT Vale Indonesia Tbk Filia Alanda dalam keterbukaan informasi, perihal permintaan penjelasan kepada BEI, Selasa (20/2/2024). 

Filia menambahkan, Perseroan bersama Vale Canada Limited (VCL), MIND ID, dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd (SMM) telah menandatangani Perjanjian Induk Divestasi. Di dalam perjanjian tersebut diatur bahwa VCL dan SMM akan mengalihkan kepemilikan sahamnya secara proporsional di Perseroan sekitar 14% kepada MIND ID, dan transaksi diharapkan selesai secepatnya. 

Sebagai bagian dari proses divestasi, Perseroan telah melakukan valuasi saham dengan menggunakan metode berdasarkan peraturan dan telah menyampaikan data-data yang diperlukan bagi pemerintah untuk melakukan valuasi harga saham divestasi. 

Terkait informasi pemegang saham yang akan melakukan divestasi beserta jumlah saham yang akan dijual, dia menyebut, penjualan saham akan dilakukan oleh VCL dan SMM.