Logo Bloomberg Technoz

Sikap Vale dan ESDM Tak Sinkron Soal Deal Harga Divestasi INCO

Sultan Ibnu Affan
21 February 2024 09:50

Crane di wilayah operasional Vale/Bloomberg-Charles Pertwee
Crane di wilayah operasional Vale/Bloomberg-Charles Pertwee

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT Vale Indonesia Tbk melontarkan respons yang berbeda terkait dengan finalisasi lobi harga divestasi 14% saham emiten tambang berkode saham INCO ke holding BUMN pertambangan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID). 

Menjelang akhir pekan lalu, dalam hal ini, pemerintah mengungkapkan proses negosiasi harga 14% saham INCO yang didivestasikan kepada MIND ID telah mencapai kesepakatan prinsip setelah terkatung-katung sejak tahun lalu, dan hanya tinggal menunggu proses legalisasi atau peresmiannya saja. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengonfirmasi bahwa akuisisi 14% saham INCO oleh MIND ID disepakati di harga sekitar Rp3.000-an/lembar saham.

“Ya, sekitar segitu. Pokoknya itulah, Rp3.000 plus,” ujarnya saat dimintai konfirmasi oleh Bloomberg Technoz, Jumat (16/2/2024). Dia pun mengisyaratkan harga tersebut sudah mencakup diskon dari harga pasar, meski dia tidak mengelaborasi berapa persen korting harga yang didapatkan oleh MIND ID.

Saat ini, Arifin menegaskan finalisasi divestasi saham Vale Indonesia hanya tinggal mencakup urusan administrasi legal. Proses penandatangan kesepakatan divestasi itu, kata Arifin, juga dipastikan bakal rampung dalam beberapa hari.

Pekerja PT Vale Indonesia Tbk (INCO). (Dok Vale.com)