Logo Bloomberg Technoz

Pertandingan Ulang Trump-Biden, Yang Pasti Kalah adalah China

News
12 February 2024 08:25

Bendera China. (Dok: Bloomberg)
Bendera China. (Dok: Bloomberg)

Mackenzie Hawkins, Jennifer Welch, Mario Parker dan Eleonora Mavroeidi - Bloomberg News

Bloomberg, Perang dagang Donald Trump terhadap China telah merenggangkan hubungan ekonomi antara kedua negara adidaya global tersebut. Rencana masa jabatan keduanya berisiko memutus hubungan tersebut.

Mantan presiden ini mengusulkan tarif 60% untuk semua impor China. Hal ini akan menyusutkan jalur perdagangan senilai $575 miliar menjadi hampir tidak ada, analisis Bloomberg Economics menunjukkan. Dan ini bukan satu-satunya eskalasi yang dipikirkan Trump jika ia mengubah keunggulan tipis dalam jajak pendapat atas petahana Joe Biden menjadi kemenangan di November.

Bagi ekonomi China dan pasar sahamnya yang merosot--turun lebih dari 40% dari level tertingginya di tahun 2021--itu adalah berita buruk. Lebih buruk lagi, retorika Trump dapat menambah tekanan pada Biden untuk mengambil tindakan yang lebih keras menjelang hari pemilihan.

China imports close to zero. (Dok: Bloomberg)

Presiden tahu bahwa China ada dalam pemungutan suara, dan sikap keras terhadap China terbukti menjadi pemenang suara. Biden mungkin tidak akan menerapkan kebijakan yang sedrastis tarif Trump, dan pemerintahannya telah mengatakan bahwa mereka tidak menginginkan pemisahan.