Logo Bloomberg Technoz

Ilmuwan Israel Ide Buat Payung Raksasa Agar Bumi Sejuk

Redaksi
06 February 2024 12:25

Ide Payung Raksasa Seluas Argentina dari Tim Ilmuwan Argentina. (Dok: Institut Teknologi Technion-Israel/Global Villages Space)
Ide Payung Raksasa Seluas Argentina dari Tim Ilmuwan Argentina. (Dok: Institut Teknologi Technion-Israel/Global Villages Space)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Payung raksasa seukuran luas wilayah negara Argentina bisa menangkal pemanasan global, sekaligus membuat bumi lebih sejuk. Ide ini disampaikan oleh tim ilmuwan asal Israel, meski sebagian lagi berpendapat biaya proyek akan sangat mahal dan hadapi tantangan kondisi alam.

Yoram Rozen adalah orang yang memimpin tim ilmuwan bidang fisika dari Asher Space Research Institute dan direktur Institut Teknologi Technion-Israel untuk proyek ambisius ini.

Menghadirkan perangkat mirip payung menghalau matahari yang mengorbit di luar angkasa, dapat menghalau sebagian kecil radiasi dan mencegah bumi makin panas secara berlebihan.

Membentangkan perisai mirip payung raksasa pada sebagian wilayah bumi penting mengurangi pemanasan global dengan memblokir hanya maksimal dua persen radiasi Matahari, yang disebut ilmuwan sebagai pendekatan fraksional.

Sebagian artinya, tetap membuka sinar matahari masuk ke bumi untuk menjaga keseimbangan alam. Pasalnya Sinar matahari yang penting bagi ekosistem Bumi, namun 'payung seukuran Argentina' kemudian mampu menangkal dampak buruk perubahan iklim.

Artikel Terkait