Logo Bloomberg Technoz

Hajar Bansos hingga Pinjol, Sentimen Positif ke Anies Tinggi

Redaksi
05 February 2024 10:20

Capres dan Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat debat kelima di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres dan Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat debat kelima di JCC, Jakarta, Minggu (4/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kelompok pemerhati percakapan media sosial, Drone Emprit menyebut Capres 01, Anies Baswedan meraih sentimen positif tertinggi dalam Debat Capres, Minggu (5/2/2024) malam.

Salah satu pengerek sentimen positif ke Anies yakni usai pernyataannya berkaitan dengan politisasi bansos, hingga fenomena pinjaman online yang menjerat mahasiswa di perguruan tinggi.

"Program bansos untuk rakyat bukan untuk kepentingan pribadi, sindiran terhadap perekonomian yang hanya dikuasai segelintir orang," tulis Drone Emprit dalam indikator sentimen positif ke Anies.

Drone Emprit mencatat sentimen positif terhadap Anies mencapai 86%, di saat sentimen negatif atas dirinya dalam debat hanya berkisar 6%. Sementara itu sentimen positif terhadap Prabowo 43% dan sentimen negatif mencapai 48%. Bersamaan dengan itu, sentimen positif ke Ganjar 72% dan sentimen negatif berada di 14%.

Sentimen positif terhadap Anies juga dipicu rencana Anies yang akan membuat Kementerian Kebudayaan, program penanganan kekerasan seksual, hingga program mencegah fenomena mahasiswa terjerat pinjaman online untuk biaya kuliah.