Logo Bloomberg Technoz

HP Keluaran Transsion Seperti TECNO, Infinix Terus Diminati

Muhammad Fikri
22 January 2024 13:20

Ilustrasi Infinix. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Infinix. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Smartphone keluaran Transsion seperti Infinix, TECNO, Itel, asal China, menjadi pemain baru yang mulai mengganggu bisnis HP ponsel cerdas keluaran Apple, Samsung, bahkan Xiaomi. Dalam laporan terbaru International Data Corporation (IDC), HP ponsel keluaran Transsion mencatatkan pertumbuhan penjualan hingga 68% pada akhir kuartal tahun 2023.

Direktur Riset IDC Nabila Popal mengatakan telah terjadi peningkatan angka pengiriman smartphone Transsion sepanjang pertengahan tahun lalu, juga terjadi pada Xiaomi.

Prestasi Transsion di akhir kuartal tahun 2023 mampu mengirimkan 28,2 juta smartphone di dunia. Naik dari sebelumnya yang hanya 16,7 juta. Kenaikan angka pengiriman Transsion jadi yang tertinggi, sekitar 68,6%.

Pengiriman smartphone Xiaomi juga tumbuh tinggi, namun hanya 22,7% atau total mencapai 40,7 juta perangkat pada medio Oktober hingga Desember 2023. Dalam periode yang sama Transsion menempati urutan keempat daftar ponsel paling laris.

Namun dalam angka tahunan Transsion  menduduki urutan kelima, di bawah Apple, Samsung, Xiaomi, dan OPPO. Transsion sepanjang 2023 mampu menjual 94,9 juta perangkat. Terjadi kenaikan tahunan paling besar, sekitar 30,8% di saat Samsung justru turun 13,6%.  Bahkan pertumbuhannya lebih baik dari Apple, yang naik tipis 3,7%