Logo Bloomberg Technoz

2023 Jadi Masa Suram Industri Smartphone Dunia

Muhammad Fikri
17 January 2024 12:45

Smartphone Honor (Patrick T. Fallon/Bloomberg)
Smartphone Honor (Patrick T. Fallon/Bloomberg)

Bloomberg, Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) menyatakan pasar ponsel pintar (smartphone) mengalami penurunan 3,2% sepanjang tahun 2023 efek dari tantangan ekonomi global.

IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker memperkirakan angka penjualan untuk seluruh produsen hanya mencapai 1,17 miliar unit smartphone.

IDC mencatat  capaian di tahun 2023 merupakan yang paling rendah dalam satu dekade, dengan perhitungan volume satu tahun penuh. Ekonomi makro yang menantang serta peningkatan inventaris di awal tahun jadi penyebab turunnya angka pengiriman smartphone global.

Namun pada paruh kedua tahun 2023 terjadi perbaikan, dengan pertumbuhan 8,5% terjadi pada kuartal keempat dibandingkan periode yang sama sebelumnya. Angka kuartalan atas penjualan smartphone mencapai 326,1 juta. Ini lebih tinggi dari perkiraan pertumbuhan sebelumnya di 7,3%.

Menariknya iPhone milik Apple menjadi perangkat yang paling laris sepanjang tahun 2023 di segmen smartphone. Apple menggeser keunggulan smartphone Samsung yang jadi langganan penjualan tertinggi sejak tahun 2010.