Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Program Satu Perekonomian Milik Anies di Acara Kadin

Mis Fransiska Dewi
13 January 2024 14:30

Layar menampilkan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Layar menampilkan Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dalam dialog bersama Kadin menggagas program Satu Perekonomian, yakni ekonomi yang setara, tumbuh, dan keberlanjutan. Hal itu karena perekonomian Indonesia saat ini hanya terpusat di satu tempat saja, sehingga berpeluang tidak merata. 

"Kita menginginkan ada kesetaraan kesempatan, kesetaraan untuk bisa tumbuh. Pertumbuhan yang diiring pemerataan dan diiringi keberlanjutan," kata Anies saat dialog bersama Kadin dikutip Sabtu (13/1/2024).

Dia menyebut ada dua langkah yang nantinya dilakukan untuk mewujudkan program tersebut. Pertama, menghadirkan iklim usaha yang kondusif. Agar hal ini terjadi, Anies berjanji akan membenahi tiga hal, yakni kepastian hukum, kepastian rencana jangka panjang, dan penyederhanaan perizinan.

Adapun langkah kedua untuk mewujudkan Satu Perekonomian ialah menurunkan biaya hidup dan menciptakan lapangan kerja.

"Saya bertemu dengan banyak orang di berbagai daerah. Mereka menyebut biaya hidup dan biaya produksi yang mahal," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.