Logo Bloomberg Technoz

Tips Diet untuk Penuhi Resolusi Sehat di 2024

Dinda Decembria
04 January 2024 13:20

Makanan olahan daging (Dok. Envato)
Makanan olahan daging (Dok. Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mengawali tahun dengan menjalankan hidup sehat. Terutama dengan mengikuti program diet sehat untuk bentuk tubuh yang lebih baik di tahun 2024.

Dr Elfina Rachmi Sp.GK M. Gizi menjelaskan cara diet sehat. Namun, untuk menjalankannya tak selalu sama karena setiap kondisi orang berbeda-beda dari faktor usia, berat badan, tinggi badan dan aktivitas yang dilakukan sehari-hari.

"Seimbang memperhatikan zat gizi, sumber protein, lemak seleksi, asupan cairan, vitamin dan mineral buah dan sayur, kurangi, karbo lemak dan tidak baik, kalori dikurangin sebelumnya menyesuaikan kondisi individu itu sendiri, asupan target kalorinya," kata dr Elfina di acara Kementerian Kesehatan.

Selain memperhatikan asupan jenis makanan, aturan lainnya juga perlu diperhatikan ketika diet. Dr Elfina pun memberikan rumus 4 J, jumlah asupan, jenis makanan, jadwal makan, jurus masak.

Ia mengatakan sebaiknya jika seseorang tengah menjalani diet untuk memperhatikan jumlah konsumsi karbohidrat jangan sampai terlalu banyak atau memakan sejenis karbohidrat lainnya secara bersamaan.