Logo Bloomberg Technoz

Bloomberg News melaporkan pada November bahwa para pembuat kebijakan berencana untuk menyediakan 1 triliun yuan dalam bentuk dana bank sentral berbiaya rendah secara bertahap untuk membantu program-program yang berfokus pada perumahan yang terjangkau dan renovasi desa-desa perkotaan. Para pejabat mempertimbangkan untuk menggunakan program PSL atau pinjaman khusus.

"Program PSL adalah cara yang paling langsung dan efisien untuk menyalurkan dana ke perekonomian," ujar Xing Zhaopeng, ahli strategi senior China di Australia & New Zealand Banking Group Ltd. "Ini akan menjadi signifikan bagi perekonomian jika ukurannya dapat berkembang" dari 1 triliun yuan yang dilaporkan, katanya.

Penggunaan PSL dapat menggantikan beberapa bentuk stimulus lainnya, menurut Xing. Ia melihat peluang "sangat kecil" untuk memotong rasio GWM bank-bank oleh PBOC di kuartal pertama karena suntikan yang cukup melalui PSL dan pinjaman kebijakan satu tahun.

Ia juga memprediksi defisit anggaran resmi hanya 3% untuk tahun ini--lebih rendah daripada ekspektasi pasar di atas 3,5%. Dana PSL dapat dilihat sebagai pengeluaran "kuasi-fiskal" di luar anggaran resmi pemerintah, Xing menambahkan.

Alat PSL memiliki sejarah yang kontroversial. Terakhir kali digunakan secara besar-besaran antara tahun 2014 dan 2019 untuk pembangunan kembali kota-kota kumuh karena membantu menghentikan kemerosotan properti, tetapi pada saat yang sama menggelembungkan gelembung harga rumah. Beberapa ekonom menyebutnya "uang helikopter atau pelonggaran kuantitatif gaya China saat itu."

Program ini kembali digunakan secara singkat pada akhir 2022 untuk membantu bank-bank kebijakan seperti China Development Bank menyediakan pendanaan untuk proyek-proyek infrastruktur, yang totalnya mencapai 740 miliar yuan dan mendorong lebih banyak lagi investasi. PBOC menyediakan sekitar 500 miliar yuan dalam bentuk pinjaman PSL selama tiga bulan terakhir di 2022.

China Development Bank--salah satu bank kebijakan, yang lebih didorong oleh prioritas pemerintah daripada keuntungan--memberikan pinjaman untuk proyek pembangunan perumahan yang terjangkau di provinsi tenggara Fujian bulan lalu. Pemberi pinjaman memberikan pinjaman 10 juta yuan untuk mendukung pembangunan proyek 700 unit, dan memberikan total pinjaman sebesar 202 juta yuan, menurut laporan media lokal.

Suku bunga pinjaman PSL adalah 2,4% pada akhir September, lebih rendah dari suku bunga kebijakan satu tahun dan suku bunga pinjaman bank.

(bbn)

No more pages