Logo Bloomberg Technoz

Apa itu Komputer Kuantum yang Jadi Lompatan Besar Teknologi?

News
27 December 2023 18:40

Ilustrasi komputer kuantum. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi komputer kuantum. (Dok: Bloomberg)

Isabella Ward dan Amy Thomson—Bloomberg News

Bloomberg News, Empat dekade yang lalu, para insinyur komputer berteori bahwa mekanika fisika kuantum yang membengkokkan pikiran. Fisika kuantum saat ini diklaim dapat dimanfaatkan untuk membuat komputer jenis baru yang secara eksponensial—lebih kuat daripada mesin konvensional.

Serangkaian terobosan kini telah membawa “utilitas kuantum” dalam jangkauan, dengan para insinyur memamerkan komputer berkemampuan melakukan perhitungan secara yang akan mengacaukan superkomputer paling kuat.

Perlombaan sedang berlangsung untuk mengembangkan mesin yang lebih besar yang dapat secara akurat memodelkan perilaku fenomena dunia nyata dan memberikan lompatan ke depan di berbagai bidang seperti pengembangan obat, pemodelan keuangan, dan kecerdasan buatan (AI). 

Komputer kuantum dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh komputer tradisional. Google mengungkapkan pada bulan April bahwa salah satu komputer kuantumnya telah memecahkan masalah dalam hitungan detik, dimana  bagi superkomputer terkuat di dunia membutuhkan waktu 47 tahun.