Logo Bloomberg Technoz

Ada Nataru, Bank Besar Siapkan Uang Tunai Lebih Banyak dari 2022

Mis Fransiska Dewi
17 December 2023 13:25

Masyarakat yang menukarkan uang tunai jelang lebaran di layanan penukaran Bank Indonesia (Sultan Ibnu Affan/Bloomberg Technoz)
Masyarakat yang menukarkan uang tunai jelang lebaran di layanan penukaran Bank Indonesia (Sultan Ibnu Affan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menjelang masa liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) sejumlah bank besar menyiapkan dana tunai lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyediakan uang tunai sebesar Rp41,1 triliun. Nilai ini meningkat sekitar 5% dibandingkan realisasi uang tunai yang disiapkan BCA pada periode Nataru tahun sebelumnya. Sementara itu, kantor cabang BCA akan beroperasi normal di hari kerja selama periode libur Nataru.

"Kami berharap kesiapan BCA dalam memenuhi berbagai macam transaksi perbankan dapat membantu masyarakat selama menikmati momen kebersamaan di libur Nataru tahun ini," ucap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam keterangan resmi dikutip Minggu (17/12/2023).

Selain itu, kata dia, BCA juga melayani kebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam melalui layanan digital yang tersedia di aplikasi myBCA, BCA mobile, internet banking (KlikBCA), serta jaringan ATM Setor-Tarik BCA. 

Jahja mengingatkan para nasabah untuk berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan BCA. Jangan pernah bagikan data pribadi perbankan yang sifatnya rahasia seperti PIN, OTP, Password, kode akses, hingga Card Verification Code (CVC) atau Card Verification Value (CVV).