Logo Bloomberg Technoz

Fakta Menarik Tentang Papeda yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Septiana Ledysia
20 October 2023 12:30

Papeda jadi Google Doodle. (Sumber: website Google.com)
Papeda jadi Google Doodle. (Sumber: website Google.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Google Doodle menampilkan gambar papeda hari ini. Papeda merupakan makanan dari sagu yang juga makanan pokok masyarakat di Indonesia bagian timur.

Jika dilihat dari situs Kemendikbud, Jumat (20/10/2023), papeda merupakan makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua yang dibuat dari bahan dasar tepung sagu. Sagu adalah makanan pokok masyarakat Papua yang menempati wilayah sungai berawa, pesisir pantai dan danau. Di mana mata pencarian mereka adalah meramu sagu, menangkap ikan, berburu dan berkebun.

Papeda sendiri memiliki banyak manfaat, karena kaya karbohidrat yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Papeda juga rendah lemak, menjadikannya pilihan makanan sehat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Makanan khas ini juga diketahui dapat membantu mengurangi gejala asam lambung seperti sakit perut, mulas dan rasa terbakar di dada. Karena mengandung banyak serat yang dapat menyerap kelebihan asam lambung.

Selain menjadi makanan pokok, seperti yang dikutip dari indonesia.go.id, makanan ini juga kerap muncul di acara-acara penting orang timur. Seperti dalam tradisi ’Sonar Mohne’ dan upacara adat ‘Watani Kame.’