Logo Bloomberg Technoz

Usai Deklarasi Amin, Megawati Kumpulkan Partai Koalisinya

Ezra Sihite
04 September 2023 09:10

Megawati Soekarnoputri. (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)
Megawati Soekarnoputri. (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri akan bertemu dengan pimpinan partai koalisi pendukung bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di DPP PDIP, Jakarta pada Senin siang (4/9/2023).

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, partai yang merupakan teman koalisi PDIP. Diketahui PPP merupakan satu-satunya partai koalisi PDIP yang merupakan partai parlemen. Sementara partai politik lainnya yang turut mengusung Ganjar yakni Perindo dan Partai Hanura.

"Betul. Jam 13.00 (WIB)," kata Baidowi pada saat dihubungi Senin pagi (4/9/2023).

Diketahui dinamika politik pemilihan presiden saat ini kian hangat. Hal itu terjadi usai deklarasi yang dilakukan Partai NasDem dan PKB yang mendeklarasikan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau pasangan Amin. Muhaimin alias Cak Imin merupakan mantan bakal cawapres prioritas Prabowo Subianto di KKIR yang dalam singkat mengalihkan dukungan kepada Anies dan dideklarasikan menjadi cawapres Anies. Hal ini diperkirakan bakal mengubah strategi dan jurus koalisi rival.

Pakar politik dari Universitas Airlangga Prof. Kacung Marijan menilai Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tetap perlu bekerja keras untuk mengoptimalkan elektabilitas. Sekalipun diprediksi penyatuan dua figur ini akan menggenjot suara di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun apabila secara masing-masing sebelumnya, keduanya memang belum menunjukkan tingkat keterpilihan moncer. Oleh karena itu kata dia, bisa dipahami jika deklarasi dilakukan dalam waktu cepat lantaran butuh waktu untuk memperkenalkan diri dan mulai merebut hati calon pemilih.