Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Tidak Pasti, Deposito Bisa Jadi Pilihan Investasi

Tara Marchelin
02 February 2023 21:53

Uang Rupiah (www.bi.go.id)
Uang Rupiah (www.bi.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta-Pakar perencana keuangan, Rista Zwestika Reni, mengungkapkan dana darurat menjadi hal penting. Apalagi saat menghadapi risiko ketidakpastian ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19, ancaman resesi global, dan pemutusan hubungan kerja yang marak terjadi. 

“Risiko datang ke kehidupan kita tanpa permisi dan kita harus siap menghadapi risiko apapun dengan melakukan perencanaan keuangan dan punya dana darurat,” kata Rista dalam konferensi pers peluncuran Deposito Jago Syariah oleh Bank Jago, Kamis (2/2/2023). 

Rista menjelaskan salah satu instrumen yang tepat untuk menyimpan dana darurat ialah deposito mengingat tingkat likuiditasnya yang tinggi. “Risiko itu kita tidak tahu kapan datangnya, jadi kita butuh instrumen investasi yang likuiditasnya tinggi,” kata Rista.

Ia melanjutkan investasi melalui deposito cenderung mudah dijangkau dan dicairkan, namun uang yang disimpan juga tetap dapat bertumbuh. Selain itu, fleksibilitas tenor deposito dapat dipilih sesuai kebutuhan. Deposito pun relatif aman bagi orang yang baru akan berinvestasi. 

“Deposito ini bisa untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Ini adalah salah satu benefit-nya. Untuk orang yang belum paham ilmu investasi yang tingkatnya tinggi, gunakanlah instrumen yang aman, salah satunya melalui deposito,” tambahnya.