Logo Bloomberg Technoz

ESDM: Registrasi Pembeli LPG 3 Kg Rampung Akhir Tahun Ini

Rezha Hadyan
14 June 2023 19:20

Ilustrasi Gas 3Kg. (Dok. Pertamina)
Ilustrasi Gas 3Kg. (Dok. Pertamina)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan pendataan pembeli gas minyak cair atau liquified petroleum gas (LPG) tabung 3 kilogram (kg) yang dilakukan lewat registrasi menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berjalan dengan baik.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menyebut registrasi untuk pembelian LPG tabung 3 kg tidak lagi mendapatkan penolakan masyarakat. Dengan demikian, Tutuka optimistis proses registrasi tersebut bisa rampung pada Desember 2023 atau sesuai target yang sudah ditetapkan oleh Kementerian ESDM.

“Pada awal memang agak banyak reluctant [penolakan] masyarakat. Sekarang sudah berhasil berjalan di 140 kabupaten dan kota. Bisa tahun ini selesai karena sekarang berjalan [dengan] baik,” katanya ketika ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023).

Tutuka menjelaskan registrasi untuk pembelian LPG tabung 3 kg merupakan tahapan awal dari transformasi subsidi dari yang sebelumnya berbasis komoditas menjadi berbasis orang atau penerima manfaat. Mulai tahun depan, LPG tabung 3 kg hanya akan didistribusikan kepada masyarakat yang masuk dalam kategori Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

“Kami menduga LPG tabung 3 kg itu ada yang lari ke tempat yang tidak semestinya, dipakai rumah makan misalnya. Karena itu, LPG tabung 3 kg sering habis dan kuota [subsidi] jebol,” tuturnya.