Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Luncurkan BBM Campuran Bioetanol Bulan Ini

Rezha Hadyan
07 June 2023 13:05

Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina (Persero) dalam waktu dekat akan meluncurkan produk baru bahan bakar minyak (BBM) hasil pencampuran bensin beroktan 92 atau Pertamax dengan bahan bakar nabati (BBN) bioetanol.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, peluncuran BBM yang dicampur dengan bioetanol tersebut dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor minyak mentah maupun BBM. Selain itu, langkah tersebut juga menjadi bagian dari upaya transisi energi; yang tidak hanya soal pengurangan emisi.

“Bagi Pertamina, transisi energi itu bukan sekadar menurunkan emisi karbon, tetapi yang lebih penting bagi Indonesia adalah mewujudkan kemandirian energi," kata Nicke dalam acara Media Briefing Capaian Kinerja 2022 di Grha Pertamina, Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2023). "Kita bocorin dulu, bulan ini kita mau launching produk baru, Pertamax kita campur dengan bioetanol." 

Nicke mengungkapkan bioetanol yang akan dicampur dengan Pertamax berasal dari molase atau tetes tebu. Dia memastikan penggunaan molase oleh Pertamina tidak akan mengganggu pasokan untuk kebutuhan industri lainnya, seperti perikanan, peternakan, dan pertanian.

Jika memang kebutuhan akan bioetanol untuk BBM meningkat, Nicke menyebut Pertamina akan menggunakan sumber lainnya seperti jagung dan singkong. “Juga bisa dibuat dari singkong, jagung juga. Jadi kita akan terus lakukan riset-riset untuk menghasilkan bioenergi dari bahan baku nabati,” kata dia.