Logo Bloomberg Technoz

Produsen Laptop Mau Ganti Layar Setara dengan Handphone

News
02 June 2023 21:00

Ilustrasi Laptop (Lanna Apisukh/Bloomberg)
Ilustrasi Laptop (Lanna Apisukh/Bloomberg)

Vlad Savov - Bloomberg News

Bloomberg - Produsen komputer Lenovo Group Ltd. hingga Samsung Electronics Co. menaruh harapan penjualan laptop akan bangkit lagi dengan meningkatkan teknologi layar mereka.

Pada acara Computex di Taiwan pekan ini, setiap merek elektronik lokal besar memamerkan model laptop baru dengan layar OLED, teknologi yang sama yang digunakan di telepon pintar. Asustek Computer Inc., Acer Inc., Gigabyte Technology Co. dan Micro-Star International Co. semuanya memperluas portofolio mereka, berharap dapat mendorong siklus pemutakhiran dan menghidupkan kembali penjualan yang lesu.

OLED memproduksi warna yang lebih cerah, keseragaman yang lebih baik, dan kontrak yang lebih superior dibandingkan dengan teknologi LCD konvensional, tetapi teknologi tersebut menggunakan lebih banyak energi dan harganya lebih mahal. Ini menjadi standar universal pada ponsel cerdas, setelah memulai debutnya pada perangkat kelas atas, dan anak perusahaan layar Samsung telah mengajurkan proliferasinya ke faktor bentuk yang lebih besar.

"Di Asus, kami percaya bahwa panel OLED benar-benar merupakan masa depan layar laptop," kata co-CEO Asus Samson Hu kepada Bloomberg.

Grafik penurunan penjualan laptop di 2023. (Sumber: Bloomberg)