Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan yang berbasis di Taipei tersebut, dipimpin oleh Hu dan sesama insinyur S.Y. Hsu, memiliki 55% pangsa pasar notebook OLED saat ini, setelah memperkenalkan model pertamanya dua tahun lalu. Namun ini pasar kecil: OLED mewakili sekitar 3% dari pengiriman notebook, menurut data Asus.

Biaya adalah masalah utama: panel OLED 15,6 inci dihargai 2,5 hingga 3 kali lebih tinggi daripada layar LCD yang sebanding, menurut analisis IDC Annabelle Hsu. Perusahaan memberikan setidaknya sebagian dari biaya itu kepada konsumen: Asus Vivobook 15 dengan OLED dan beberapa peningkatan lainnya berharga US$699 versus US$549 untuk model LCD.

Sebagian dari masalahnya adalah monopoli praktis di kategori tersebut: Samsung Display memiliki lebih dari 99% pasar OLED laptop. Co-CEO Asus mengatakan mereka berharap pemasok seperti BOE Technology Group Co. atau LG Display Co. memasuki persaingan untuk menurunkan harga.

LG Display bahkan telah membuat layar MiniLED yang lebih mahal untuk Apple Inc. dan mungkin berencana untuk memasuki bisnis OLED skala laptop sebagai tanggapan atas permintaan klien, kata Hsu dari IDC. Apple berencana untuk pindah ke OLED untuk produk-produk MacBook-nya, diberitakan oleh Bloomberg News.

"Ada beberapa kendala terkait teknologi," kata Hsu dari IDC. Pada layar OLED tercanggih, "teknologi LTPS digunakan karena memiliki waktu respons yang cepat dan performa warna yang lebih baik, tetapi sulit untuk diproduksi secara massal untuk panel berukuran 15 inci atau lebih besar. Ini menyebabkan masalah pada hasil produksi."

Untuk saat ini, sebagian besar pembuat PC berupaya menjual OLED sebagai fitur pemerintah, dengan banyak dari mereka mencari sertifikasi Pantone untuk akurasi warnanya. MSI yang berbasis di Taipei bahkan memperkanalkan laptop OLED 16 inci dengan merek Mercedes-AMG Motorsport di Computex.

Laptop lain di pameran tersebut, Swift Edge 16 milik Acer, mengumpulkan penghargaan terbaik dan menunjukkan betapa terjangkaunya laptop OLED besar; harganya mulai dari US$1.300. Laptop Aero Gigabyte juga menunjukkan betapa tipis dan ringkasnya laptop semcam itu, meskipun mesin-mesin yang dipamerkan menunjukkan masa baterai yang terbatas. Konsumsi daya OLED, di mana setiap piksel menyala satu persatu, merupakan salah satu tantangan utama teknologi.

Di luar Taiwan, Samsung Display juga bekerja sama dengan Dell Technologies Inc., HP Inc., Razer Inc., Lenovo, dan merek Samsung yang berorientasi pada konsumen.

"Saya mengharapkan untuk melihat lebih banyak panel OLED dan MiniLED pada laptop karena vendor PC mencoba untuk melewati jeda permintaan pasca-pandemi dengan produk yang lebih menarik," kata analisis industri Avi Greengart. "OLED memberikan begitu banyak kontras dan warna yang kaya, dan itu bagus untuk pembuatan dan konsumsi konten."

(bbn)

TAG

No more pages