Logo Bloomberg Technoz

BPS Ungkap Komoditas Pangan yang Berpotensi Sumbang Inflasi Mei

Elisa Valenta
29 May 2023 13:40

Pekerja menaikkan bawang putih untuk diangkut di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (29/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pekerja menaikkan bawang putih untuk diangkut di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (29/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut kenaikan sejumlah komoditas pangan yang berpotensi menjadi penyebab kenaikan inflasi Mei 2023.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan harga telur ayam, bawang merah dan bawang putih yang terus melambung beberapa waktu terakhir diperkirakan akan mendorong inflasi bulan Mei.

“Karakteristik cenderung mengalami kenaikan atau berfluktuasi antar waktu dan antar wilayah. Komoditas ini kecenderungannya inflasi,” paparnya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah dalam Youtube Kemendagri, Senin (29/5/2023). 

Sementara kelompok komoditas yang cenderung stabil selama Mei 2023, yaitu termasuk beras, minyak goreng, daging sapi, dan tempe. 

Di sisi lain, kelompok komoditas yang memiliki kecenderungan turun harganya pada periode yang sama, yaitu cabai merah dan cabai rawit. Pudji menjelaskan harga bawang merah naik paling signifikan jika membandingkan dengan kondisi harganya di pekan ke-4 April dan pekan ke-4 Mei.