Logo Bloomberg Technoz

Menilik Persoalan Pemboikotan China atas G-20 di India

News
25 May 2023 20:30

Pertemuan G-20 di India (Sumber: Bloomberg)
Pertemuan G-20 di India (Sumber: Bloomberg)

Menaka Doshi - Bloomberg News

Bloomberg  - China memboikot forum kelompok kerja pariwisata G-20 yang berlangsung di negara bagian Jammu dan Kashmir, India. 

"China dengan tegas menentang mengadakan segala bentuk pertemuan G-20 di wilayah yang disengketakan. Kami tidak akan menghadiri pertemuan seperti itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada jumpa pers yang digelar pekan lalu di Beijing.

India, yang menjadi tuan rumah kepresidenan G-20 tahun ini, telah menyelenggarakan serangkaian pertemuan di seluruh negeri menjelang KTT pada September. Mereka menggelar forum kelompok kerja pariwisata di Sinagar dari 22 Mei hingga 24 Mei 2023. Ini menjadi acara internasional besar pertama di kawasan itu sejak Jammu dan Kashmir kehilangan status khususnya pada 2019.

Pernyataan dari China juga muncul setelah Pakistan mengecam India karena menggelar acara tersebut di wilayah yang disengketakan. Hubungan antara New Delhi dan Islamabad tetap dingin selama bertahun-tahun. Awal bulan ini, Pakistan mengatakan tidak akan terlibat secara bilateral dengan India sampai pemerintahnya meninjau kembali keputusan untuk mencabut otonomi Kashmir.