Logo Bloomberg Technoz

Menteri PUPR Ungkap 3 Faktor Kunci Kelancaran Mudik Lebaran

Rezha Hadyan
16 April 2023 18:01

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ( Dok pu.go.id )
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ( Dok pu.go.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut setidaknya adanya tiga faktor  kunci yang mempengaruhi kelancaran perjalanan Mudik Lebaran 2023, yakni ketersedian prasarana, dukungan regulasi, dan perilaku masyarakat untuk mentaati peraturan yang berlaku. 

Menurut Basuki, ketersediaan dan kesiapan infrastruktur mudik, seperti jalan, bandara, jalan rel dan pelabuhan atau dermaga penyeberangan merupakan hal dasar yang menentukan kelancaran  mudik.

Kedua soal regulasi dan manajemen arus mudik yang dipersiapkan oleh pemerintah dan para operator mudik bagi masyarakat. 

Ketiga adalah  faktor perilaku dari para pengguna prasarana mudik tersebut yang menyangkut perencanaan dan persiapan mudik, serta perilaku pengendara selama mudik berlangsung.

"Indikator utama keberhasilan prasarana transportasi adalah safer, faster and cheaper, dan itu semua bisa dicapai paling tidak dengan menyiapkan jalan nasional, 70 ruas tol operasional, serta 11 ruas tol fungsional di Pulau Jawa dan 4 jalan tol di Pulau Sumatera. Selain itu memperluas dan menambah berbagai layanan rest area pada ruas tol, memperbaiki jalan nasional, pelebaran/penambahan lajur ruas jalan tol,” katanya, Minggu (16/4/2023).