Logo Bloomberg Technoz

Permintaan BBM di Pansela Naik 60% Selama Mudik, Stok Aman?

Rezha Hadyan
16 April 2023 15:01

Ilustrasi pengisian BBM Pertamina. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi pengisian BBM Pertamina. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memprediksi terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) hingga 60% selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini di sepanjang jalur Pantai Selatan, Daerah Istimewa Yogyakaryta (DIY).

Prediksi tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji usai melakukan pemantauan ketersediaan dan pendistribusian BBM di DIY. Menurut Tutuka, peningkatan konsumsi BBM akan terjadi pada H-7 hingga H+7 Hari Raya Idulfitri 1444H.

"Jadi kalau dari jalur selatan ini perkiraan kita peningkatan nanti pada saat hari H dan beberapa hari sebelumnya, seminggu, atau seminggu setelahnya itu kurang lebih meningkat sekitar 40-60%," katanya mengutip keterangan resmi, Minggu (16/4/2023).

Untuk itu, Tutuka meminta PT Pertamina (Persero) untuk dapat menyiapkan pasokan BBM serta infrastruktur yang andal seiring dengan meningkatnya konsumsi BBM selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

“Kalau kami cek di lapangan di Pertamina, di tangki-tangkinya mencukupi. Kemudian, sistem pengisiannya dari mana dia ambilnya, dari terminal mana ngambilnya sudah dipersiapkan," kata dia.