Logo Bloomberg Technoz

KAI: 71% Tiket Mudik Lebaran Sudah Terjual

Rezha Hadyan
16 April 2023 17:40

Rangkaian tiba di stasiun milik PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI. (Dok Kai.id)
Rangkaian tiba di stasiun milik PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI. (Dok Kai.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat penjualan tiket kereta api (KA) jarak jauh pada masa Angkutan Lebaran 2023 telah mencapai 2,1 juta tiket per Minggu (16/4/2023) pukul 07.00 WIB.

Menurut Vice President Public Relations KAI Joni Martinus, angka tersebut sama dengan 71% dari keseluruhan tiket KA jarak jauh yang tersedia selama arus mudik Lebaran tahun ini sebanyak 3,06 juta tiket. Tentu saja, jumlah tiket yang terjual masih akan terus bertambah karena penjualan melalui sejumlah kanal, baik daring maupun luring masih dibuka oleh KAI.

Joni menyebut rute yang menjadi favorit penumpang selama arus mudik Lebaran tahun ini adalah rute  dari Jawa bagian barat, baik Jakarta ataupun Bandung, menuju arah Jawa bagian timur, baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

“Sementara itu, untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah timur, baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur, menuju arah barat, baik Jakarta ataupun Bandung,” kata Joni melalui keterangan resmi, Minggu (16/4/2023).

Berdasarkan tanggal keberangkatan, tiket KA jarak jauh yang berangkat pada 24 April 2023 sudah terjual 94%. Kemudian untuk KA jarak jauh yang berangkat pada sudah 25 April 2023 terjual 92%.