Logo Bloomberg Technoz

2024, Paris-Berlin Terhubung Kereta Cepat

Hidayat Setiaji
23 January 2023 06:33

Ilustrasi Kereta Cepat di Prancis (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Kereta Cepat di Prancis (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jerman dan Prancis mengungkapkan rencana untuk membangun kereta api cepat yang menghubungkan kedua negara. Dengan begitu, perjalanan bisa lebih ramah lingkungan.

“Kedua negara mendukung hadirnya kereta cepat Paris-Berlin, dan kereta malam, yang diumumkan pada 2024,” tulis kesepakatan bersama usai pertemuan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Paris.

Macron dan Scholz juga sepakat untuk memberikan tiket kereta api murah kepada kawula muda yang ingin bepergian melintasi kedua negara. Tiket murah ini rencananya diberikan pada musim panas mendatang.

SNCF (Prancis) dan Deutsche Bahn (Jerman) sebelumnya menyebut punya rencana untuk menghubungan ibu kota kedua negara dengan kereta cepat pada akhir tahun ini. Perjalanan dengan kereta api lebih ramah lingkungan ketimbang pesawat yang menghabiskan banyak bahan bakar fosil.

Pemerintahan Macron berencana menghidupkan kembali perjalanan kereta malam, seperti dari Paric ke Nice, sebagai upaya transisi energi. Macron juga berencana melarang penerbangan domestik jika ada alternatif kereta api dengan waktu tempuh kurang dari 2,5 jam. Namun larangan itu tidak akan terlalu kaku.